TUGAS
PENGENALAN AIR SECARA TIDAK SADAR DAN SADAR DALAM PEMBELAJARAN RENANG
Disusun guna memenuhi tugas perkuliahan metodik renang yang diampu oleh Bapak Sridadi
Disusun oleh:
Catur Susanto
08601241024
PJKR A
PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
NOVEMBER 2010
Pengenalan air secara tidak sadar pada pembelajaran renang
1. Bermain tepuk diam.
Penjelasan:
· Siswa membentuk lingkaran atau bujur sangkar dan semua siswa menghadap kearah sumbu lingkaran atau bujur sangkar.
· Seluruh siswa harus berdekatan atau berhimpitan.
· Semua siswa bernyanyi sambil memukulkan telapak tangannya kepermukaan air dengan mengikuti irama lagu yang dinyanyikan.
· Siswa berhenti memukul permukaan air ketika guru meniup peluit.
· Jika setelah guru meniup peluit masih ada siswa yang memukul air, maka siswa tersebut diberi hukuman yaitu dibasuhi air oleh teman yang ada disampingnya.
Gambar :
2. Berlomba menyeberangi kolam dengan cara berlari atau berjalan.
Penjelasan :
· Seluruh siswa merapat kebagian tepi kolam.
· Setelah mendengar peluit sebagai aba-aba dari guru, siswa saling berlomba untuk mencapai tepi kolam yang ada diseberang dengan cara berlari atau berjalan.
· 10 siswa yang lebih awal sampai ditepi kolam seberang maka ia berhak meminta untuk digendong kepada siswa lain yang lebih lambat mencapai tepi kolam seberang.
Gambar :
3. Bermain hijau hitam.
Penjelasan:
· Siswa dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok hijau dan kelompok hitam.
· Ketika guru menyebutkan kata hijau, maka kelompok hijau tersebut harus menangkap kelompok hitam.
· Ketika guru menyebutkan kata hitam, maka kelompok hitam harus menangkap kelompok hijau.
· Jarak antara kelompok hijau dan kelompok hitam +- 5m.
· Setiap anggota dari kelompok yang menangkap harus menangkap minimal satu dari anggota kelompok yang ditangkap.
Gambar:
Pengenalan air secara sadar pada pembelajaran renang.
1. Berlomba tebak warna batu dalam air.
Penjelasan:
· Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, kemudian dalam satu kelompok ada satu yang menjadi leader untuk memegang 3 buah batu warna.
· Siswa membentuk formasi lingkaran dengan menghadap membelakangi lingkaran, kecuali leader yaitu menghadap kesumbu lingkaran.
· Leader melempar 1 buah batu warna kesumbu lingkaran, kemudian memberi aba-aba kepada temannya untuk menghadap kesumbu lingkaran dan berlomba untuk mencari dan menebak warna batu yang dilempar oleh leader.
· Siswa yang lebih dahulu menemukan dan menebak warna batu dengan benar, maka ia berhak untuk menjadi leader selanjutnya.
· Sedangkan yang kalah harus memasukan kepalanya kedalam air 1x.
Gambar: Ket:
siswa
leader
batu
2. Berlomba meraih tumit teman.
Penjelasan.
· Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
· Dari kelompok itu, masing-masing siswa harus memegang tumit teman yang lain untuk mendapatkan poin 1.
· Sedangkan siswa yang tumitnya dapat dipegang oleh temannya maka poin yang ia miliki menjadi -1.
· Siswa tidak boleh memegang tumit siswa yang sama.
· Perlombaan ini dilakukan selama 5 menit, kelompok yang memiliki poin lebih banyak, maka kelompok tersebut menang.
· Kelompok yang kalah harus menurut apa yang diinginkan oleh yang menang sebagai hukuman.
· Siswa tidak boleh keluar/melebihi batas yang ditentukan.
Gambar:
3. Berlomba melewati tali.
Penjelasan:
· Siswa dibagi menjadi dua kelompok.
· Masing-masing kelompok harus melewati tali yang dibentangkan pada jarak tertentu.
· Siswa melewati tali dengan membawa botol aqua, setelah sampai pada batas yang telah ditentukan kemudian botol aqua dilempar kepada teman satu kelompoknya, siswa yang menerima botol tersebut kemudian melewati tali. Begitu seterusnya hingga semua siswa dalam kelompok tersebut melewati tali.
· Kelompok yang lebih awal mengakhiri maka kelompok itu yang menang.
· Kelompok yang kalah harus menggendong kelompok yang menang mengeberangi kolam renang.
Gambar:
mantap pak infonya..
BalasHapussangat membantu saya..
pingin bisa reang . .hiks u.u T_T
BalasHapus@artikel: Alhamdulillah kalau bermanfaat
BalasHapus@alfi: ya belajar.. sering-sering belajar pasti bisa.. :)