profil

Foto saya
CILACAP, JAWA TENGAH, Indonesia
masih kuliah di jurusan pendidikan oasehidup ~ fakultas ilmu kehidupan ~ universitas negeri yangsemestinya ~ setiap kau adalah guru bagiku

RPP LEMPAR LEMBING


TUGAS PENGEMBANGAN KURIKULUM

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ATLETIK NOMOR LEMPAR

Diajukan kepada Dosen Pengampu Perkuliahan Pengembangan Kurikulum Kelas PJKR A untuk Memenuhi Tugas sebagai Kelengkapan Nilai.





Oleh:
Catur Susanto
08601241024
PJKR A




PRODI PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARATA
2010
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah             : SMA N 1 Cilacap
Mata Pelajaran            : Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kelas/Semester            : XI/2
Alokasi waktu             : 45 menit.
Standar Kompetensi   :
Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar       :
Mempraktikan keterampilan teknik atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, percaya diri.
Materi Pokok              : Lempar lembing.
I.     Indikator                :
·    Memegang lembing.
·    Membawa lembing.
·    Lempar lembing dengan posisi pelempar tetap ditempat.
·    Lempar lembing dengan berbagai gerakan dan teknik dasar.
·    Lempar lembing dengan rangkaian gerakan.
II.  Tujuan Pembelajaran          :
·    Siswa mampu memegang lembing dengan cara yang baik dan benar sesuai aturan dan kemudahan.
·    Siswa mampu membawa lembing dengan baik dan benar.
·    Siswa mampu melakukan lemparan dengan baik dan benar.
·    Siswa mampu melakukan lemparan sejauh 3 meter dengan baik dan benar.
·    Siswa mampu melakukan lemparan dengan awalan meliukan bahu kebelakang terlebih dahulu.
·    Siswa mampu melakukan lemparan dengan di ikuti kaki kiri atau kanan maju satu langkah.
·    Siswa mampu melakukan lemparan dari sikap power position.
·    Siswa mampu melakukan gerakan lanjutan setelah melempar lemping.
·    Siswa mampu melakukan lempar lembing dari posisi jalan, power position, lempar dan gerak lanjutan dengan baik dan benar.





III.    Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Formasi
Penjelasan
Keterangan
1
A.    Pendahuluan
Siswa dibariskan 4 shof(dapat disesuaikan) kemudian dihitung dan berdo’a. Setelah itu disampaikan gambaran mengenai materi pembelajaran yang akan disampaikan dan melakukan pemanasan untuk menyiapkan kondisi siswa kemateri inti.
Games.
Siswa dibentuk lingkaran, kemudian siswa melemparkan tongkat kayu (seukuran tongkat estafet) kesasaran yang ada ditengah. Kemudian jarak diperjauh untuk mendapatkan lemparan maksimal.




10 menit



Siswa:


Guru:
2
B.     Inti
Siswa dibariskan 4 shof (dapat disesuaikan) kemudian dijelaskan bagaimana cara memegang dan membawa lembing.

Siswa mempraktikan cara memegang dan membawa lembing dengan jarak yang telah diatur sebelumnya

Siswa melakukan lempar lembing secara bergantian dimulai dari baris yang paling depan. Siswa yang telah melakukan lemparan baris kembali di barisan paling belakang. Lembing diambil setelah semua siswa melakukan lemparan.

Siswa melakukan lemparan dengan jarak tempuh 3 meter kemudian diperjauh hingga optimal.

Siswa melakukan lemparan dengan awalan meliukan bahu kearah kanan.

Siswa melakukan lemparan dengan diikuti melangkahkan kaki kiri.

Siswa melakukan lemparan setelah mengambil sikap power position yaitu melangkahkan kaki kiri kedepan kemudian menempatkan lembing pada posisi siap dilempar kemudian melakukan lemparan.

Siswa melakukan lemparan diikuti gerak lanjutan yaitu melangkahkan kaki kanan kedepan setelah lembing lepas dari tangan.

Siswa melakukan lemparan satu per satu. Siswa yang sudah melakukan membentuk kelompok tersendiri.




30 menit







Pengambilan lembing apabila semua siswa telah melakukan lemparan, setelah itu kembali keposisi semula.
3
C.    Penutup
Siswa membentuk lingkaran berjalan memutar sambil melakukan pendinginan. Tetap dalam posisi yang sama siswa saling memijat punggung teman yang ada didepannya sambil menyanyikan lagu potong bebek angsa. Gerakan siswa mengikuti irama lagu.
Siswa dikumpulkan kembali kemudian di evaluasi secara keseluruhan kemudian dipresensi, tutup dengan do’a dan selesai.






5 menit

IV.    Referensi:
1.      Eddy Purnomo. (2007). Pedoman Mengajar Dasar Gerak Atletik. Yogyakarta: FIK UNY
2.      Slamet SR.(1994).”Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.” Solo: Tiga Serangkai.
V.       Alat/ Sarana dan Prasarana:
·         Cone
·         Tongkat kayu(seukuran tongkat estafet).
VI.    Penilaian